Minggu, 08 Agustus 2010

A Wonderful Inspiration from Risol Ajaib.

Di sore hari, di tengah-tengah hiruk pikuk masyarakat Jakarta menggapai rumah.Sebuah percakapan kecil terjadi di dunia maya.Sebuah obrolan ringan yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.


Pertama, bisa ceritakan sedikit tentang awal mula Risol Ajaib?


Awalnya gw memang niat bisnis makanan buat cari uang tambahan, saat itu gw masih bekerja sebagai pegawai bank swasta. Padahal gw ga bs masak dan ga tau makanan apa yg kira2 akan gw jual. Sampe akhirnya gw nyobain risol isi smoked beef, dan gw suka bgt. Akhirnya coba2 dirumah dan bisa. Saat itu risol isi smoked beef udah banyak. Jd kepikiran deh knp gw ga bikin risol yg sedikit 'beda' isinya, lain dari pada yg lain. Akhirnya gw mulai browsing2 resep makanan berat dan memutuskan untuk menjadikan filling untuk risol. Konsepnya simple, makanan berat yg dimasukkan ke dalam risol (light meal).


Dan dari berbagai macam bisnis yang ada, kenapa memilih bisnis makanan?

Karna gw melihat bisnis makanan memiliki peluang yg sangat bagus, karna setiap orang butuh makanan.

Apa aja kendalanya dalam memulai bisnis ini?


Kendalanya ada pada harga kita yang 'beda' dengan risol pada umumnya. Karna komitmen kita utk selalu menggunakan bahan2 yang berkualitas dan terjamin kesehatannya, maka kita tidak bisa menekan biaya produksi. Kita menjual risol di range harga 5000-6000, sedang di mind set orang2 pada umumnya risol kan harganya berkisar antara 2000-3000. Butuh effort lebih untuk menjelaskan ke calon pembeli apa keistimewaan risol ajaib sampai akhirnya mereka bisa merasakan dimana perbedaan risol ajaib dg risol pd umumnya. Dmn 'ajaib'nya? Mereka akan tahu setelah mereka mencoba. Sekali lagi, harga tidak pernah berbohong :)
Kendala lainnya misalkan harga bahan baku sedang naik, kita harus tetap bisa survive tanpa menaikkan harga

Dalam hal pemilihan nama, kenapa Risol Ajaib?

Sebetulnya nama Risol Ajaib itu sendiri di fungsikan sebagai ajakan untuk konsumen mencicipi Risol kami,.. Karena kita tau produk risol kita enak dan lain dari pada yang lain, kita butuh Nama yang cukup berani untuk menantang konsumen mencoba risol kami. Jadi, dengan adanya pertanyaan "Knapa Risol Ajaib?"...jawabannya : "Cobain aja, nanti tau ajaibnya knapa". Jadi intinya dengan nama Risol Ajaib adalah menamkan sebuah ide pikiran konsumen akan "keajaiban2 rasa pada risol kami"...senada dgn tag-line "rasakan keajaiban disetiap gigitannya"..

Rasa apa aja nih yang ditawarkan?

Chicken Teriyaki,Udang Mayo,Smoked Beef,Apple Pie, Chili Dog,Cheese Burger,Lasagna.


Nah,bicara bisnis adalah bicara strategi. Untuk risol ajaib, strategi pemasarannya bagaimana? kan sekarang banyak saingannya,apalagi dalam lingkup makanan, khususnya risol.

Media exposure tentunya sangat membantu, seperti kemarin kita sempat diliput rcti, antv dan trans tv. Namun tetap saja 'word of mouth' merupakan proses marketing yg terkuat. Situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter sangat cepat dlm penyebaran opini dari mereka yang sudah mencoba risol ajaib. Efeknya banyak teman2 mereka yang akhirnya penasaran ttg risol ajaib.

Rencana ke depannya apa nih?

Memperbanyak cabang dengan membuka peluang kerjasama/kemitraan. Saat ini kami mau fokus di jakarta dulu. Target 1 tahun ke depan buka cabang di luar jakarta.

Tipsnya buat para teman-teman yang ingin memulai berwiraswasta.

Mungkin bantu motivasi aja buat mereka yg mau mulai bisnis, intinya apa aja memang bisa dijadikan ladang bisnis. Tapi balik lagi ke komitmen, ketekunan, dan juga kesabaran dalam menjalaninya. Kalau omset sedang menurun misalnya, jangan patah semangat, disitu kita ditantang untung lebih inovatif lagi. Jalin hubungan baik dengan konsumen, dengarkan masukannya, dari situ kita mendapatkan kekuatan untuk menjadi lebih baik lagi. Selamat berusaha :)


http://ngiderngiler.com/risol-ajaib.html
http://www1.transtv.co.id/frontend/preview/read/63/576/risol_ajaib
http://www.facebook.com/risol.ajaib?v=info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar